Perkembangan Teknologi Komunikasi, Nostalgia Perjalanan Komunikasi Indonesia!

Perkembangan Teknologi Komunikasi, Nostalgia Perjalanan Komunikasi Indonesia! Sebelum maraknya penggunaan smartphone pada zaman sekarang, masyarakat Indonesia mengenal beberapa masa perkembangan teknologi komunikasi. Mari kita bernostalgia dengan perjalanan komunikasi di Indonesia dari masa ke masa.

Perkembangan teknologi komunikasi
Perkembangan teknologi komunikasi

Pada awal tahun 1855 perkembangan teknologi komunikasi diawali dengan penggunaan telegraf yang menghubungkan komunikasi kota Jakarta (Batavia) dengan kota Bogor (Buitenzorg) dan pada tahun 1882 dibuat jaringan telepon lokal pertama yang menghubungkan daerah Gambir dan Tanjung Priok. Jaringan telepon kemudian didirikan di kota Surabaya dan Semarang. Untuk mengetahui pengetahuan umum dan informasi lainnya Anda bisa simak di situs kumpulan tips terbaik.

Pada sekitar tahun 1989 didirikanlah  Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang akhirnya lambat laun berubah menjadi PT Telekomunikasi Indonesia. Perkembangan teknologi komunikasi pada tahun 1990 mulailah penggunaan telepon yang ditekan tombolnya. Bentuk telepon mulai beragam, mulai dari telepon yang antik, berwarna warni, hingga telepon yang ringan. Sedangkan telepon seluler pada saat itu  masih berat dan ukurannya besar hingga tidak bisa dimasukan kedalam saku

Sedikit bergerak dari tahun 1990, pada saat itu marak pula penggunaan telepon umum menggunakan telepon koin. Pada tahun 1996  penggunaan telepon umum kartu mewarnai telekomunikasi Indonesia, mulai dari kartu magnetik hingga kartu chip.  Sekitar tahun 1998 perkembangan teknologi komunikasi  Indonesia mulai diramaikan oleh penggunaan warung telekomunikasi (wartel), pada saat itu pengguna telepon akan rela mengantri untuk menunggu giliran memakai telepon di wartel. Pengguna wartel merasa nyaman karena meneleon dengan menggunakan kotak tertutup sehingga obrolan tidak secara jelas terdengar oleh pengguna lain.

Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia juga pernah diramaikan dengan penggunaan pager pada tahun 1999, anak-anak gaul di Indonesia menggunakan pager yaitu radio numerik yang hanya dapat menerima pesan singkat. Pada saat yang bersamaan telepon seluler mulai meramaikan dunia komunikasi Indonesia, namun telepon selular pada saat itu masih monoponik, lalu  tahun 2003 mulai marak telepon polyponik dan hingga  tahun 2005 penggunaan telepon semakin beragam dan berkembang pesat hingga tercipta smartphone.

Baca juga : http://tipslengkap.com/macam-macam-teknologi-tepat-guna/

Perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia kini diwarnai oleh bermagai macam smartphone dengan kelebihan dan model yang ditawarkan oleh masing-masing produk. Kini Penggunaan telepon rumah hanya sedikit bahkan didominasi oleh kantor-kantor saja.